Selamat Datang diblog Zulfikar Semoga Kalian Mendapatkan Ilmu dengan blog ini !...

Allahhumma yasir walatuassir

Senin, 14 Januari 2019

Projek Akhir semester Rekayasa perangkat Lunak


“Rancang bangun Aplikasi sensus penduduk di Desa Bandar Jaya berbasis WEB”

A. Pendahuluan
     1. Latar Belakang
          Pada saat ini faktor penghambat kemajuan suatu daerah adalah tidak terintegritasnya pemerataan dan pendataan masyarakat. Yang menjadi titik balik saya untuk mengambil dan mengembangkan judul tugas saya ini adalah saya menginginkan bahwa masalah tesebut dapat terselesaikan dan masyarakat/penduduk yang khususnya didesa dapat teroganisir ke dalam kedalam suatu data pokok penduduk yang secara khusus akan saya implementasikan untuk  desa Bandar Jaya. Nah, bagaimana cara pengelompokkan atau pendataan ini dilakukan dengan mudah dan fleksibel? Maka saya akan merancang dan membangun suatu aplikasi yang suatu saat dapat saya kembangkan yaitu aplikasi sensus penduduk, yang jika berhasil maka aplikasi ini akan bekerja sama atau berjalan dibawah dinas kependudukan dan catatan sipil Musi Banyuasin. Latar belakang saya merancang dan mengembangkan aplikasi ini adalah bahwasanya saya melihat dan mengetahui bahwa pada umumnya untuk mendata masyarakat/penduduk dilakukan dengan cara mendatangi rumah-rumah
masyarakat/penduduk untuk menghimpun data keluarga tersebut. Yang mana tak jarang cara ini tidak fleksibel dan juga tidak dapat diperbarui dalam kurun waktu yang cepat jikalau adanya penambahan anggota keluarga yang baru.  Maka aplikasi ini saya rancang dengan metode atau prinsip bahwa suatu desa yang memiliki kades atau saya implementasikan sebagai sebagai server utama yang memegang atau mengepalai desa sebagai daerah pemerintahannya, sedangkan untuk masing-masing dusun/talang yang bekerja di bawah pemerintahan desa Bandar Jaya terdapat satu  server bagian yang bertugas menghimpun data update dari data kependudukan di dusun/talang yang ia pimpin tersebut. Aplikasi ini juga bekerja dengan prinsip bahwa masing-masing anggota keluarga harus mengetahui alamat web sensus penduduk tersebut dan dialokasikan untuk memiliki software sensus penduduk ini, maka masing-masing kepala keluarga dari masing-masing keluarga, harus menghimpun data dari masing-masing anggota keluarganya dan mendatakannya kepada server bagian di lokasi tersebut.  Nah bagaimana jika suatu keluarga yang tidak memiliki Handphone sebagai media login dan memasukkan data keluarganya? Maka aplikasi ini dapat diakses oleh lebih dari satu kepala keluarga jadi jika suatu kepala keluarga tidak memiliki Handphone maka dapat meminjam kepada tetangga dan harus membuat dan mempunyai satu alamat  Client/pengguna baru sebagai alamat untuk menginput data keluarganya.
                        Selanjutnya data yang sudah diinput oleh masing-masing kepala keluarga tersebut akan dihimpun oleh server bagian, yang mana server bagian ini yang akan menghimpun data dari masing-masing kepala keluarga didusun/talang tersebut dan mengelompokkannya menjadi satu bagian yang akan mempermudah pendataan masyarakat, dan apabila disuatu hari nanti ada penambahan anggota keluarga baru maka data dapat diperbaruhi secara sewaktu-waktu. Setelah data dari masing-masing dusun dihimpun oleh server bagian menjadi satu data, maka server bagianlah yang akan menyerahkan data tersebut ke kepala desa atau server utama. Untuk selanjutnya setiap tahun data kependudukan didesa Bandar Jaya ini wajib diperbaruhi oleh masing-masing kepala keluarga. Maka data pembaruhan setiap satu tahun tersebut wajib dihimpun kembali oleh server bagian untuk mengetahui tingkat kemajuan didesabandar jaya dan salah satu faktor lainnya untuk mengetahui tingkat pertumbuhan penduduk di desa bandar jaya dala satu tahun belakangan.

2. Metode SDLJ
   Dalam rancang bangun aplikasi ini saya menggunakan metode SDLJ (model) spiral. Mengapa dalammerancang aplikasi ini saya menggunakan metode spiral? Karena saya mengasumsikan bahwa aplikasi yang saya buat ini mencakup lingkup besar maka dari pada itu saya ingin menggunakan metode spiral karena setiap batasannya meakii dari suatu proses ini sendiri.jadi menurut saya sangat cocok untuk menghindari kerincuan dan penumpukan data pada aplikasi ini. Metode spiral memiliki sifat mampu menangani perubahan yang sering terjadi pada pembuatan aplikasi ini.apa lagi metode spiral sangat cocok untuk bekerja pada proyek yang menyangkut software engineers.

3. Analisa Kebutuhan
ü  Kebutuhan Fungsional
1)       Pengguna yang akan mengoperasian aplikasi ini yaitu perangkat Desa(server) yang bertugas sebagai Administrator.
2)       Fungsi Server dalam mengelola data penduduk yaitu menambah,mengedit,mengapus,data penduduk
3)       Fungsi server dalam mengelola data kejadian yaitu menambah,mengedit,menghapus data kejadian ( Rekam kejadian/data peristiwa)
4)       Fungsi server dalam pembuatan surat pindah dansurat keterangan lainya ( Melakukan request keadmin untuk pembuatan  surat melalui aplikasi)
5)       Fungsi server dalam meliput data dan membuat laporan data kejadian pertahun (Data kegiatan desa/kemajuan desa)  

ü  Kebutuhan Non-fungsional
1)         Operasional :  Dapat diaksesmelalui perangkat handphone dan          perangkat computer
2)         Keamanan     :     Pengguna login untuk bisa masuk ke dalam system.

5. Perancangan system
1)            
           1)    Class diagram




2)      
     2)   Use case diagram

 

3)      
3)    Activity Diagram

 


                                                                      Acvity Diagram Login





                                                        Activity Diagram Pendaftaran penduduk

                                                                        


                                                         Activity Diagram Surat keterangan
 


                                                                 Activity Diagram Data Update





Activity Diagram Logout


          4)      Sequence Diagram


                                                                Sequence Diagram Login




                                                Sequence Diagram Pendaftaran penduduk



                                                     Sequence Diagram Surat Ket




                                                                      
                                     Sequence Diagram update penduduk



 

                                                                       Sequence Diagram Log out



5.  Hirarki menu






 6.  Rancangan Antarmuka Aplikasi sensus Penduduk
Dalam pembuatan aplikasi ini terdapat beberapa antar muka yang digunakan yaitu :
1)       Form Login
Digunakan untuk pengguna masuk ke dalam system
2)       Form Menu Utama
Antar muka akan muncul setelah pengguna sukses melakukan login
3)       Form pendaftaran penduduk
Antar muka ini akan muncul jika menu pendaftaran penduduk ditekan
4)       Form Permohonan Surat KET.
Antar muka ini akan muncul jika menu permohonan surat ket ditekan.
5)       Form Update data penduduk
Antar muka akan muncul jika menu update data penduduk ditekan.
6)       Form Hapus data
Antar muka yang hanya bisa diakses oleh Server, menu akan muncul jika ditekan menu hapus data
7)       Form Laporan
Antar muka yang hanya bisa diakses oleh server bagian untuk laporan pertahun, menu akan muncul jika ditekan menu laporan.
8)       Form Log out
Antar muka yang digunakan untuk keluar dari system.





















Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Zulfikar. Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogger templates

Blogger templates