“Rancang bangun Aplikasi sensus
penduduk di Desa Bandar Jaya berbasis WEB”
A.
Pendahuluan
1. Latar Belakang
Pada saat ini faktor
penghambat kemajuan suatu daerah adalah tidak terintegritasnya pemerataan dan
pendataan masyarakat. Yang menjadi titik balik saya untuk mengambil dan
mengembangkan judul tugas saya ini adalah saya menginginkan bahwa masalah
tesebut dapat terselesaikan dan masyarakat/penduduk yang khususnya didesa dapat
teroganisir ke dalam kedalam suatu data pokok penduduk yang secara khusus akan
saya implementasikan untuk desa Bandar
Jaya. Nah, bagaimana cara pengelompokkan atau pendataan ini dilakukan dengan
mudah dan fleksibel? Maka saya akan merancang dan membangun suatu aplikasi yang
suatu saat dapat saya kembangkan yaitu aplikasi sensus penduduk, yang jika
berhasil maka aplikasi ini akan bekerja sama atau berjalan dibawah dinas
kependudukan dan catatan sipil Musi Banyuasin. Latar belakang saya merancang
dan mengembangkan aplikasi ini adalah bahwasanya saya melihat dan mengetahui
bahwa pada umumnya untuk mendata masyarakat/penduduk dilakukan dengan cara
mendatangi rumah-rumah
masyarakat/penduduk untuk menghimpun data keluarga
tersebut. Yang mana tak jarang cara ini tidak fleksibel dan juga tidak dapat
diperbarui dalam kurun waktu yang cepat jikalau adanya penambahan anggota
keluarga yang baru. Maka aplikasi ini
saya rancang dengan metode atau prinsip bahwa suatu desa yang memiliki kades
atau saya implementasikan sebagai sebagai server utama yang memegang atau
mengepalai desa sebagai daerah pemerintahannya, sedangkan untuk masing-masing
dusun/talang yang bekerja di bawah pemerintahan desa Bandar Jaya terdapat
satu server bagian yang bertugas menghimpun
data update dari data kependudukan di dusun/talang yang ia pimpin tersebut.
Aplikasi ini juga bekerja dengan prinsip bahwa masing-masing anggota keluarga harus
mengetahui alamat web sensus penduduk tersebut dan dialokasikan untuk memiliki
software sensus penduduk ini, maka masing-masing kepala keluarga dari
masing-masing keluarga, harus menghimpun data dari masing-masing anggota
keluarganya dan mendatakannya kepada server bagian di lokasi tersebut. Nah bagaimana jika suatu keluarga yang tidak
memiliki Handphone sebagai media login dan memasukkan data keluarganya? Maka
aplikasi ini dapat diakses oleh lebih dari satu kepala keluarga jadi jika suatu
kepala keluarga tidak memiliki Handphone maka dapat meminjam kepada tetangga
dan harus membuat dan mempunyai satu alamat
Client/pengguna baru sebagai alamat untuk menginput data keluarganya.
Selanjutnya
data yang sudah diinput oleh masing-masing kepala keluarga tersebut akan
dihimpun oleh server bagian, yang mana server bagian ini yang akan menghimpun
data dari masing-masing kepala keluarga didusun/talang tersebut dan
mengelompokkannya menjadi satu bagian yang akan mempermudah pendataan
masyarakat, dan apabila disuatu hari nanti ada penambahan anggota keluarga baru
maka data dapat diperbaruhi secara sewaktu-waktu. Setelah data dari
masing-masing dusun dihimpun oleh server bagian menjadi satu data, maka server
bagianlah yang akan menyerahkan data tersebut ke kepala desa atau server utama.
Untuk selanjutnya setiap tahun data kependudukan didesa Bandar Jaya ini wajib
diperbaruhi oleh masing-masing kepala keluarga. Maka data pembaruhan setiap
satu tahun tersebut wajib dihimpun kembali oleh server bagian untuk mengetahui
tingkat kemajuan didesabandar jaya dan salah satu faktor lainnya untuk
mengetahui tingkat pertumbuhan penduduk di desa bandar jaya dala satu tahun
belakangan.
2. Metode SDLJ
Dalam
rancang bangun aplikasi ini saya menggunakan metode SDLJ (model) spiral.
Mengapa dalammerancang aplikasi ini saya menggunakan metode spiral? Karena saya
mengasumsikan bahwa aplikasi yang saya buat ini mencakup lingkup besar maka
dari pada itu saya ingin menggunakan metode spiral karena setiap batasannya
meakii dari suatu proses ini sendiri.jadi menurut saya sangat cocok untuk
menghindari kerincuan dan penumpukan data pada aplikasi ini. Metode spiral
memiliki sifat mampu menangani perubahan yang sering terjadi pada pembuatan
aplikasi ini.apa lagi metode spiral sangat cocok untuk bekerja pada proyek yang
menyangkut software engineers.
3. Analisa Kebutuhan
ü Kebutuhan
Fungsional
1) Pengguna yang
akan mengoperasian aplikasi ini yaitu perangkat Desa(server) yang bertugas
sebagai Administrator.
2) Fungsi Server
dalam mengelola data penduduk yaitu menambah,mengedit,mengapus,data penduduk
3) Fungsi server
dalam mengelola data kejadian yaitu menambah,mengedit,menghapus data kejadian (
Rekam kejadian/data peristiwa)
4) Fungsi server
dalam pembuatan surat pindah dansurat keterangan lainya ( Melakukan request
keadmin untuk pembuatan surat melalui
aplikasi)
5) Fungsi server
dalam meliput data dan membuat laporan data kejadian pertahun (Data kegiatan
desa/kemajuan desa)
ü Kebutuhan
Non-fungsional
1)
Operasional :
Dapat diaksesmelalui perangkat handphone dan perangkat computer
2)
Keamanan
: Pengguna login untuk bisa masuk
ke dalam system.
5.
Perancangan system
1)
1) Class
diagram
2)
2) Use case diagram |
3)
3) Activity Diagram |
Acvity Diagram Login
Activity Diagram Pendaftaran penduduk
Activity Diagram Surat keterangan
Activity Diagram Data Update
Activity
Diagram Logout
4) Sequence Diagram
Sequence Diagram Login
Sequence Diagram Pendaftaran penduduk
Sequence Diagram Surat Ket
Sequence Diagram update
penduduk
Sequence Diagram Log out
5.
Hirarki menu
6. Rancangan Antarmuka Aplikasi sensus Penduduk
Dalam pembuatan aplikasi ini
terdapat beberapa antar muka yang digunakan yaitu :
1) Form Login
Digunakan
untuk pengguna masuk ke dalam system
2) Form Menu
Utama
Antar
muka akan muncul setelah pengguna sukses melakukan login
3) Form pendaftaran
penduduk
Antar
muka ini akan muncul jika menu pendaftaran penduduk ditekan
4) Form Permohonan
Surat KET.
Antar
muka ini akan muncul jika menu permohonan surat ket ditekan.
5) Form Update data
penduduk
Antar
muka akan muncul jika menu update data penduduk ditekan.
6) Form Hapus
data
Antar
muka yang hanya bisa diakses oleh Server, menu akan muncul jika ditekan menu
hapus data
7) Form Laporan
Antar
muka yang hanya bisa diakses oleh server bagian untuk laporan pertahun, menu
akan muncul jika ditekan menu laporan.
8) Form Log out
Antar muka
yang digunakan untuk keluar dari system.
0 komentar:
Posting Komentar