Selamat Datang diblog Zulfikar Semoga Kalian Mendapatkan Ilmu dengan blog ini !...

Allahhumma yasir walatuassir

Rabu, 10 Oktober 2018

Kebutuhan Perangkat Lunak


1.     Kebutuhan Perangkat Lunak
      Adalah kondisi, kriteria, syarat atau kemampuan yang harus dimiliki oleh perangkat lunak  untuk memenuhi apa yang disyaratkan atau diinginkan pemakai.
J   jenis perangkat lunak :
  • Kebutuhan fungsional : kebutuhan yang berkaitan dengan fungsi atau proses transformasi yang harus mampu dikerjakan oleh perangkat lunak.
         contoh : perangkat lunak harus dapat menyimpan semua rincian data pesanan                                                      pelanggan
  • Kebutuhan Antarmuka : kebutuhan yang menghubungkan perangkat lunak dengan elemen perangkat keras, perangkat lunak, atau basis data.
         contoh : perangkat untuk input data dapat berupa keyboard, mouse, dan scanner.
  •  Kebutuhan unjuk kerja : kebutuhan yang menetapkan karakteristik unjuk kerja yang harus dimiliki oleh perangkat lunak
        contoh : perangkat lunak harus bisa mengolah data sampai 1juta record untuk tiap                                               transaksi
     Diagram Aliran Data/Data Flow Diagram : Diagram untuk menggambarkan aliaran data dalam sistem, sumber dan tujuan data, proses yang mengolah data tersebut dan tempat penyimpanan data.
Aturan pembuatan diagram aliran data:
a.   Setiap proses wajib memiliki data masukan dan data keluaran, selain itu  Terlarang
b.   Nama proses wajib menggunakan kata kerja
c.   Data store tidak boleh mengalir langsung dari/ke data store lain, harus melalui proses dulu.
d.   Data store tidak boleh mengalir langsung ke tujuan data/entitas, harus melalui proses dulu (idem dengan yang diatas)
e.   Nama data store harus menggunakan kata benda
f.    Entitas tidak boleh mengalir dari sumber data ke tujuan data, harus melalui proses (serba lewat proses deh pokoknya)
g.   Nama entitas harus menggunakan kata benda
h.   Aliran data hanya boleh memiliki satu arah aliran, aliran dua arah hanya boleh dimiliki antara proses dengan data store yang menunjukkan pembacaan dan peng-update-an data.Aliran data yang sama yang menuju beberapa proses, data store atau entitas 
i.   data yang berbeda, boleh digambarkan bercabang
j.   Aliran data yang sama yang dari beberapa proses, data store atau entitas data yang menuju satu proses tertentu boleh digambarkan bercabang.
k.   Aliran data tidak boleh mengalir ke diri
     Teknik kebutuhan perangkat lunak meliputi 3 buah tahap, yakni, elicitation (pengumpulan informasi), specification (spesifikasi), dan validation (validasi).
Tahap
Keterangan
Metode
Elicitation (pengumpulan informasi)
Bertujuan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi mengenai problem domain, kesulitan-kesulitan klien dan user, serta apa yang sistem ingin lakukan untuk mereka.
·         Wawancara
·         Kuesioner
·         Skenario
·         Prototyping
Specification (spesifikasi)
Informasi dari proses elicitation dianalisa dan direkam menggunakan teknik modeling dramatis dan tekstual untuk menunjukkan masalah dan solusi yang diajukan.
·         Spesifikasi formal
·         Protoyping
Validation (validasi)
Mengecek kebutuhan yang telah direkam apakah telah berkaitan dengan tujuan stakeholder terhadap sistem.
·         Wawancara
·         Teknik kombinasi      dari elicitation
·         Inspeksi Fagan
·         Prototyping

      IEEE 803:1993 mengelompokkan kebutuhan non-fungsional ke dalam sejumlah kategori kualitas dari suatu perangkat lunak.

Kategori tsb secara umum dibagi dalam 2 kelompok, yaitu :

·     Faktor kualitas eksternal perangkat lunak. Kategori kualitas yang bisa diobservasi atau          menjadi ketertarikan utama dari pelanggan. Diantaranya :
1.     Ketepatan (correctness)
2.     Robustness
3.     Unjuk Kerja (performance)
4.     Ketersediaan dan kualitas antarmuka(interface)
5.     Keandalan(Reability)
6.     Ketersediaan (Availability)
7.     Faktor kualitas internal perangkat lunak.


      Penelitian Hofmann dan Lehner (2001) merekomendasikan langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan tahapan spesifikasi kebutuhan, diantaranya :
1.   Lakukan aktivitas dalam spesifikasi kebutuhan sepanjang durasi proyek

2.   Gunakan anggota lepas waktu untuk mendukung anggota penuh waktu (sumber daya yang memiliki kompetensi khusus).

3.   Terapkan kombinasi proses prototype dan berbasis model untuk membantu pemangku kepentingan (terutama pelanggan dan penggguna), untuk mendapatkan gambaran dari solusi yang diajukan.

4.   Sesering mungkin lakukan umpan balik dari pemangku kepentingan, mengevaluasi artifak dan material asal dari sistem lama atau yang sedang berjalan, serta sesering mungkin menggunakan panduan dari ahli

5.   Gunakan metoda pemodelan terkini (misalnya object Oriented atau Aspect Oriented) yang dikombinasikan dengan model-model dasar (seperti ERD, diagram transisi status, dan Petri-Net)

6.   Lakukan perbaikan evolusioner terhadap spesifikasi dengan menggunakan mock-ups, prototipe, peer reviewswalkyhtough, dan skenario, serta ibatkan pengguna (end user), pelanggan dan ahli teknis maupun ranah permasalahan. Rata-rata iterasi dari proses spesifikasi kebutuhan yang efektif adalah 3 iterasi.






Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Zulfikar. Diberdayakan oleh Blogger.

BTemplates.com

Blogger templates

Blogger templates